+62 819 3235 7980    [email protected]

Harga Suzuki Ignis 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi

14/08/2017 otoSales.com 166 Views

Harga Suzuki Ignis Promo Terbaru – Ignis hadir sebagai "senjata baru" bagi Suzuki Indomobil Sales (SIS). Walaupun dinyatakan sebagai kendaraan “jenis baru” oleh pihak Suzuki yaitu sebagai urban sport utility vehicle (Small SUV), akan tetapi posisinya di pasar Indonesia tetap sebagai kendaraan kecil perkotaan alias tetap masuk dalam segmen city car.

Jika diperhatikan dengan detail, memang terdapat beberapa fakta menarik yang ada pada Suzuki Ignis. Beberapa poin tersebut dapat menjadi nilai plus atau bahkan sebaliknya justru menjadi nilai minus jika diadu dalam pasar otomotif Tanah Air.

Hal utama yang menjadi nilai jual pada Suzuki Ignis tak lain dan tak bukan terletak pada desain yang diusungnya. Mengadopsi dan memasukan unsur-unsur SUV, Ignis menyuguhkan diferensiasi yang cukup renggang jika dibandingkan dengan para kompetitornya.

Suzuki.co.id

 

Disamping mempunyai jarak pijak (ground clearance) yang cukup tinggi yaitu 180 mm, Ignis juga dibubuhi dengan sedikit sentuhan klasik pada desain eksteriornya. Sentuhan klasik yang mengingatkan pada Suzuki Fronte pada era 1970-an tersebut terlihat pada tiga guratan di bagian sisi belakang yang tampak cukup kentara. Bukan cuma itu, unsur SUV juga diperlihatkan melalui desain boxy pada bagian belakang yang menjadikan mobil anyar ini tampak berbeda dari city car pada umumnya.

Membahas mengenai fitur yang dimiliki, mobil baru ini dipastikan telah dilengkapi dengan beberapa fitur modern dan kekinian. Disamping eksterior dan interior, fitur keselamatannya juga telah lumayan lengkap untuk “citycar” disekelasnya. Sebut saja, fitur keselamatan berupa dual airbag di bagian depan, sistem pengereman berupa anti-lock braking system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD) serta brake assist sudah menjadi fitur dasar yang menyatu dalam Ignis.

Hanya saja, Suzuki sepertinya masih kurang maksimal dalam menghadirkan fitur hiburan pada Ignis dengan menyediakan head unit sistem touch screen sebagai fitur opsional yang mesti dibayar terpisah dan bukan menjadikannya sebagai fitur standar. Padahal, di pasar otomotif India dimana Ignis “dilahirkan” fitur LCD touch screen telah menjadi fitur bawaan yang melekat pada setiap tipenya.

Eksterior Suzuki Ignis

Terlepas dari suka dan tidak suka, plus atau minus, Suzuki toh telah memberikan beberapa sentuhan klasik dari beberapa mobil jadul mereka pada mobil anyar yang saat ini tengah diperkenalkan di pasar Tanah Air, Ignis. Latar belakang  desain eksterior Suzuki Ignis yang mengadopsi atau bahkan ada yang menyebut sebagai metamorphosis Suzuki jadul tersebut sepertinya layak untuk diketahui oleh Anda yang memiliki minat untuk meminang mobil yang dikatakan sebagai “Urban SUV” ini.

Beberapa elemen warisan yang hadir dalam Suzuki Ignis dicomot dari beberapa model mobil Suzuki lawas, dari mulai Suzuki Fronte Coupe, Suzuki Cervo, Suzuki Vitara hingga Suzuki Swift.

Suzuki Fronte Coupe sepertinya menjadi model paling dasar yang dapat dilihat dalam proses penggalian inspirasi untuk desain Ignis. Yang paling kentara terlihat pada bagian pilar C Suzuki Ignis yang mengadopsi pilar tebal dan pada pilar ini pula terdapat goresan “tiga garis” yang merupakan ciri khas dari pilar C miliki Suzuki Fronte Coupe tahun 70-an dan juga pada Suzuki Cervo. Goresan ini disebut sebagai ‘Progressive Triad’.

Suzuki Fronte Coupe sendiri merupakan mini sports car milik Suzuki yang awalnya hanya dipasarkan untuk pasar domestik Jepang.

Lihat Juga: Harga Mitsubishi Xpander 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi

Kemudian apabila Anda perhatikan bagian head light milik Ignis, akan tampak kisi-kisi lampu yang melengkung agak tertarik ke belakang. Desain head light ini jika ditelaah ternyata merupakan warisan dari generasi pertama Suzuki Cervo yang tak lain mengusung model mini sports car. Melalui desain tersebut sepertinya Suzuki ingin memperkokoh ciri khas sporty pada Ignis.

Model lain dari Suzuki lawas yang diambil sebagai dasar inspirasi pada desain Ignis yaitu Suzuki Vitara. SUV yang pernah tenar di pasar otomotif Tanah Air pada era 90-an hingga 2000-an tersebut “dicomot” bagian clamshell-shaped bonnet dan fender garnish-nya untuk diaplikasikan pada Ignis.

Terlihat begitu kentara pada desain bonnet secara umum sampai dengan fender desain depan Ignis menampilkan unsur SUV milik Suzuki yakni Vitara lawas generasi pertama. Bagian fasia ini memperkokoh desain Ignis yang didapuk sebagai Urban SUV yang nyaman baik dikendarai untuk wara-wiri dalam kota, dan juga tidak kalah enak untuk dikemudikan jalan-jalan luar kota.

Last but not least, model terakhir yang menjadi inspirasi Ignis diambil dari model hatchback Swift produksi 2004–2010. Tampak pilar A yang cukup tebal berwarna hitam dicomot dari Swift untuk memperkuat unsur sporty pada saat ditinjau dari arah samping dan depan. Bagian yang sempat menjadi ciri khas Swift saat itu, yang sanggup memperkokoh karakter sporty dan menjadikannya salah satu hatchback sporty yang cukup disukai diseluruh dunia. Dengan mengapilikasikan beberapa unsur yang dicomot dari beberapa model yang sempat popular diseluruh dunia tersebut Sepertinya Suzuki  berharap Ignis pun mampu menjadi model strategis pula yang diterima dipasar internasional.

Pada brosur yang telah disebarkan oleh Suzuki, desain memang menjadi point utama yang menjadi nilai plus Ignis untuk ditawarkan, maka sangat jelas jika hal-hal yang berkaitan dengan sisi eksterior dan Interior bahkan hingga hal-hal minor dimasukan ke dalam brosur untuk memikat para calon konsumennya, seperti body color ornament, glove box, cup holder dan stylish seat cover.

Interior Suzuki Ignis

Fitur interior yang cukup komprehensif menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Suzuki Ignis. Walaupun mobil baru ini mempunyai ruang kabin terbilang tidak cukup luas, akan tetapi telah dibubuhi dengan beragam fitur interior yang terbilang cukup lengkap. Diantara fitur-fitur dalam Ignis yang siap memanjakan para mengguna small SUV ini antara lain power outlet, ventaliasi ac, lcd layar, engin on/of serta power stering.

Memasuki kabin Ignis, walaupun pada fitur head unit tampak mengalami downgrade, Suzuki masih tetap menjagokan fitur ini dengan menyebutnya sebagai Standout Audio Panel Design, apabila Anda merasa kurang dan ingin yang lebih kekinian, Suzuki menyadiakan pilihan aksesoris head unit dengan sistem touch screen, hanya saja perangkat tersebut hanya bisa didapatkan dengan dibeli secara terpisah.

Fitur Unggulan

Adapun mengenai fitur-fitur utama yang menjadi point utama Ignis untuk ditawarkan setidaknya terdiri dari 4 item, yaitu push start stop engine button, lampu LED projection dengan LED DRL, panel AC digital dan futuristic instrument panel. Adapun pada sisi eksterior, Suzuki memfokuskan pada pemakaian velg 15 inchi dengan dasar warna hitam yang mendongkrak ground clearance atau jarak pijaknya menjadi lebih tinggi hingga 180 mm.

Keunggulan lain Suzuki Ignis yang menjadi daya tarik utama adalah fitur keselamatannya yang cukup lengkap dan mumpuni, janji pabrikan Suzuki untuk menghadirkan sebuah kendaraan yang memiliki fitur keselamatan yang tinggi sepertinya dibuktikan melalui penerapan-penerapan fitur keselamatan dan keamanan teranyar pada Ignis. Fitur keselamatan yang sudah melekat pada Ignis tersebut antara lain Auto lock system, alarm system, keyless entry, Airbag dan ABS.

Disamping perangkat penunjang interior dan perangkat keselamatan yang cukup komprehensif, Ignis juga sudah dibekali dengan sistem suspensi yang cukup baik untuk meredam guncangan saat berkendara sehingga menjadikannya cukup empuk dan halus ketika berada dalam perjalanan. Hal tersebut karena Ignis telah mengadopsi suspensi jenis Multi-Link sebagai peredam ban depan dan per jenis MacPherson untuk meredam goncangan bagian belakang. Melalui pengaplikasian suspensi tersebut,  Ignis dijamin tidak akan mengalami kondisi limbung apabila diajak berlari pada kecepatan yang cukup tinggi.

Spesifikasi Suzuki Ignis

Sebagaimana Suzuki Wagon R, Ignis pun mengaplikasikan sistem Automatic Manual Transmission (AMT) atau yang disebut sebagai Auto Gear Shift (AGS) pada sistem transmisinya. Walaupun diakui telah mengalami pengembangan, akan tetapi calon konsumen harus paham bahwa transmisi ini tidak seutuhnya sistem otomatis, melainkan setengah otomatis.

Dari segi penggunaan memang serupa dengan menggunakan transmisi otomatis, hanya dua pedal sebelah kanan saja yang aktif digunakan, namun tetap saja diperlukan penyesuaian bahkan untuk mereka yang telanh menggunakan transmisi matik konvensional ataupun CVTkarena berkendara dengan sistem AGS ini tetap memiliki perbedaan.

Dimensi & Mesin

Panjang: 3700 mm

Lebar: 1660 mm

Tinggi:  1595 mm

Bobot:  2435 kg

Kapasitas Tempat Duduk 5 Orang

Suspensi  Belakang Menggunakan Multi-Link

Suspensi  Depan Menggunakan Penopang Tekanan MacPherson

Sistem Rem Belakang Menggunakan Ventilated Disc

Sistem Rem Depan Menggunakan Ventilated Disc

Ukuran Ban Belakang Menggunakan R 18/Alloy

Ukuran Ban Depan Menggunakan R 18/Alloy

Mesin

Jenis Mesin Engine 1.2L

Isi Silinder Berkapasitas 1250 cc

Bahan Bakar Menggunakan Premium

Sistem Bahan Bakar Menggunakan MPFI

Transmisi 5-Speed

Torsi Maksimum Sebesar 50 [email protected] 4.500 RPM

Daya Maksimum Hingga 90PS/6.000rpm

Daftar Harga Suzuki Ignis

Berdasarkan brosur yang telah dirilis oleh pihak Suzuki, tersedia keterangan mengenai spesifikasi lengkap dan juga tipe-tipe yang tersedia untuk Suzuki Ignis, dalam brosur tersebut, Suzuki Ignis dipastikan mempunya 3 opsi yang dapat dipilih oleh para calon konsumennya mulai dari tipe GL, GX manual dan GX automatic. Adapun untuk Ignis tipe GL Cuma tersedia satu varian dengan transmisi manual saja.

Berdasarkan keterangan pada Brosur, bisa dibilang Suzuki Ignis ditawarkan pada rentang harga yang bisa dikatakan cukup terjangkau untuk mobil dikelasnya. Terlebih dengan spesifikasi yang dimiliki, meskipun untuk sebuah Crossover atau SUV dimensi Ignis memang terbilang mungil, namun harga yang ditawarkan cukup sepadan. Apabila untuk sebuah mobil Crosover umumnnya dipasarkan dengan bandrol harga dikisaran 300 jutaan, namun untuk Suzuki Ignis ini hanya dipasarkan pada kisaran harga 200 jutaan saja, tentunya harga tersebut cukup memadai untuk sebuah mobil jenis banru dengan fitur-fitur yang cukup lengkap dan terkini.

Harga pasti untuk saat ini, dengan seluruh fitur yang dimiliki dan statusnya saat ini masih terbilang sebuah mobil CBU dari India, Ignis dipasarkan di Indonesia mulai harga Rp 139,5 juta untuk GL MT, Rp 159,5 juta untuk GX MT dan Rp 169,5 juta untuk tipe teratasnya GX AGS.

Jika dikomparasikan dengan mobil-mobil pada segmennya, seperti Brio, Sirion, Mirage atau March, Ignis bisa dibilang menjadi mobil yang paling affordable dari sisi promo.

Dan untuk para pengguna Ignis yang ingin meng-upgrade head unit dengan sistem LCD layar sentuh bisa menggantinya dengan menambah mahar sedikit saja dari harga normal dan harganya pun tidak sama untuk masing-masing varian yang ingin di Upgrade. Untuk tipe GX mesti menambah sebesar Rp 7,249 juta adapun untuk tipe GL bisa dengan tambahan budget sebesar Rp 7,484 juta.

Video Suzuki Ignis

Kesimpulan

Melihat ulasan Spesifikasi, Harga,Kekurangan dan Kelebihan Suzuki Ignis yang ada diatas dapat disimpulkan jika jagoan Suzuki dengan model small SUV ini terbilang cocok jika digunakan oleh mereka yang mengharapkan sebuah mobil dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara sebagai  factor utama yang diinginkan. Akan tetapi bagi Anda yang mengharapkan sebuah mobil yang dapat digunakan untuk menjelajah medan offroad, sepertinya mesti berfikir ulang jika berharap pada mobil anyar milik Suzuki ini. Sebab meskipun memiliki julukan small SUV, Ignis lebih tepat masuk kategori segmen mobil citycar yang cocok digunakan didalam kota.

Lihat Juga Harga Daihatsu Ayla 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi dan Harga Honda Brio 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi.

Promo Terbaru Suzuki Ignis