+62 819 3235 7980    [email protected]

Harga Mitsubishi Xpander 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi

23/08/2017 otoSales.com 285 Views

Harga Mitsubishi Xpander Promo Terbaru – Xpander hadir sebagai "senjata baru" bagi Mitsubishi di pasar otomotif Indonesia. Hadir sebagai kendaraan penantang baru dikelas mobil keluarga serbaguna,  Mitsubishi sepertinya telah sangat bekerja keras dalam mempersiapkan mobil andalannya ini. Mobil MPV "sejuta umat" milik Mitsubishi yang hadir dengan nama Xpander ini akhirnya resmi diperkenalkan pertama kali didepan para awak media pada Senin 24 Juli 2017 di Jakarta.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menginformasikan kisaran harga Xpander pada kesempatan tersebut, bandrol harga disebutkan antara kisaran Rp 189 jutaan sampai dengan Rp 246 jutaan untuk varian teratasnya. Kisaran bandrol harga tersebut terbentang untuk enam varian model yang tersedia. Pastinya, kisaran harga yang ditawarkan oleh Mitsubishi tersebut dipastikan telah melalui berbagai pertimbangan yang sangat matang, sehingga mempunyai unsur paikologis yang sangat baik, sebab angka tersebut telah disesuaikan dengan harapan sebagian calon konsumen dan sangat kompetitif dengan mobil lain pada kelas yang sama dan tidak lebih dari batas maksimal 200 juta.

mitsubishixpander.com

 

Kehadiran Xpander berbarengan juga dengan pendatang pada segmen yang sama, yaitu Wuling Confero yang tidak hanya dating sebagai pendatang baru, namun juga sekaligus hadir sebagai mobil LMPV pertama dari negeri Tirai Bambu yang bersaing di  pasar otomotif Tanah Air. Kehadiran Xpander dan Wuling Confero dipastikan akan menambah panas temperatur persaingan, terlebih Wuling Confero S yang sudah diproduksi di Indonesia bakal dipasarkan dengan banderol harga yang sangat fantastis yaitu dimulai dari harga 130 jutaan untuk varian terendahnya dan hanya pada angka 160 jutaan untuk varian tertingginya.

Kehadiran Xpander dan Confero  pada di pasar otomotif Tanah Air dipastikan bakal menambah lebar besar "range" pasar segmen LMPV. Dengan demikian, opsi yang dimiliki oleh konsumen yang menginginkan sebuah mobil keluarga 7 seater dipastikan akan beragam pula, selain lebih beragam dari sisi Merek dan karakteristik, kosumen juga mendapat pilahan baru dari sisi harga. Pilihan harga mulai dari batas bawah dengan harga yang relatif terjangkau, menengah hingga lapi atas yang bahkan harganya hampir sejajar dengan kelas MPV menengah seperti Kijang Innova dan lainnya.

Apabila diperhatikan dengan jeli, bodi MPV jagoan Mitsubishi ini sepertinya agak sedikit bongsor jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Dan pada kenyataannya memang dimensi Xpander dipastikan lebih besa, dengan ukuran  4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 (P x L x T), selain itu Ground clearance atau jarak antara batas bawah roda dengan pijakan cukup tinggi yaitu mencapai 205 mm.

Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa MPV sejuta umat milik Mitsubishi ini dijual dengan pilihan enam varian bagi para calon konsumen di Tanah Air. Mulai dari GLX M/T, GLS M/T, Exceed M/T, Exceed A/T, Sport A/T, dan Ultimate A/T. Seluruh varian yang disediakan dibekali dengan mesin 1.500 cc MIVEC DOHC, yang dipadukan dengan sistem transmisi lima percepatan manual dengan opsi empat otomatis.

Mobil yang dibangun dari dasar perpaduan antara SUV dan MPV ini diklaim Mitsubishi bakal menjadi sebuah kendaraan "Next Generation MPV". Melalui Chief Executive Officer Mitsubishi motors Corportaion (MMC) Osamu Masuko, dalam siaran beritanya, menyatakan sangat optimistis pada kehadiran Xpander, sebab menurutnya Mitsubishi pada akhirnya dapat berperan serta di segmen pasar terbesar di Indonesia ini.

"Segmen MPV sangat besar, meski ini pertama untuk Mitsubishi tapi kami berbeda dengan (MPV) kompetitor. Mobil ini benar-benar dikembangkan dari new concept car," ujar Masuko kepada dalam sesi konferensi pers di Tangerang, Kamis (10/8/2017).

Lihat Juga: Harga Suzuki Ignis 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi

Eksterior Mitsubishi Xpander

Apabila diperhatikan dengan teliti desain Mitsubishi Expander terlihat begitu mirip dengan desain milik Pajero Sport, hanya saja Xpander hadir dalam versi yang lebih kecil. Kemiripan tersebut dapat terklihat mulai dari bagian depan atau bonnet dinamic shield, yang diantaranya ada desain grille memanjang serta disisipi dengan lampu LED yang dilanjutkan menuju sudut pilar A. Dilihat dari bagian depan agak menyamping, karakteristik nuansa Pajero sepertinya sangat kentara, diperkuat melalui bentuk lekuk bodi dari bawah spion menuju back lamp serta termasuk juga fender roda belakang yang agak menonjol keluar. Namun yang benar-benar mirip dengan Pajero adalah konsep desain X shape yang sangat mnenonjol dibagian vacia.

Di bagian belakang, desain bagian bumper terlihat sangat minimalis akan tetapi buritan telah disisipi dengan diffuser dan reflektor pada sisi bawahnya. Back Lamp utama pun sangat identik dengan sang kakak nan bongsor Pajero Sport, akan tetapi lebih mirip dengan model lamanya.

Pada kenyataannya, Mitsubishi menyatakan bahwa Xpander memang merupakan sebuah kolaborasi desain antara elemen mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV).

Mobil yang mengusung konsep Dynamic Shiled ini menyuguhkan karakter mobil Sport Utility Vechicle (SUV) terutama sangat kental terasa di sisi depan dan grille yang hadir dengan begitu kokoh dan berkarakter. Body samping memiliki garis-garis tegas yang tergores mulai dari sisi depan hingga bagian belakang, yang menambah kesan kekar jika dilihat dari sisi depan condong kesamping. Adapun untuk sektor belakang, lampu belakang dengan desain anyar bermain-main dengan kemewahan sekaligus karakter SUV-nya. Sedangkan tata lampu bagian belakang benar-benar fresh. Tampilan ini tidak mengejutkan namun semakin mengokohkan ciri khas mobil SUV produksi Mitsubishi. Alhasil, hasil akhir yang saat ini terlihat dan siap untuk dipasarkan terlihat sangat "matang" dengan desain secara umum tampak begitu elegan.

Interior Mitsubishi Xpander

Menuju ke bagian interior, MPV yang berkapasitas tujuh penumpang dengan susunan tiga baris kursi ini, telah dilengkapi dengan fitur layar hiburan yang cukup menggoda.  Desain interior secara keseluruhan pun dapat dikatakan lumayan rapi dan apik. Salah satu keistimewaan bagian interior Xpander adalah pada bagian jok konon tidak sama dengan mobil-mobil produksi Mitsubishi yang lain. Kabarnya, jok pada Xpander dibuat dengan memakai bahan sintetis atau fabric khusus yang dibalut dengan desain yang cukup trendi, modern dan pastinya begitu elegan untuk mobil dikelasnya.

Mitsubishi menyatakan jika MPV 7 seater jagoannya ini mempunyai interior space yang lebih lebar dan nyaman. Sebab, dimensi Xpander dipastikan memang memiliki ukuran yang lebih besar jika dikomparasikan dengan model MPV kompetitor yang diproduksi oleh produsen lain.

Pada bagian handle kemudi Mitsubishi menyisipkan desain berprofil tiga spoke dengan tambahan ventilasi AC. Tema secara umum pada bagian interior sendiri menganut konsep dua warna, guna memperkuat kesan mewah dan elegan, yaitu kombinasi antara warna krem dengan abu-abu.

Menurut Presiden Direktur dari PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kondo, MPV teranyar dari Mitsubishi ini sengaja dikembangkan guna memanjakan para pengguna small MPV di Tanah Air. Seluruh penumpang yang berada didalamnya, baik dibagian depan maupun belakang akan dimanjakan dengan tujuan mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dalam kabin nan luas dan elegan tanpa mesti dikurangi dengan kapasitas barang barang bawaan dan kargo. Dan seluruhnya tesedia dengan harga yang sangat kompetitif.

Generasi terbaru mobil keluarga yang ditawarkan Mitsubishi pun tampak menyediakan kenyamanan dalam kapasitas ruang dan utilitas yang terbilang bagus, dengan desain dan tata ruang interiornya yang begitu variatif, akses mudah menuju dan dari kursi baris ketiga dapat diakses dengan nyaman.

Fitur Unggulan

Beberapa keunggulan memang mesti ada dalam sebuah produk baru yang akan memasuki sebuah pasar dan menghadapi kompetitor yang telah mapan.  Dan itu pula yang telah disiapkan oleh Mitsubishi pada MPV perdananya ini.

Xpander diseiapkan denagn beberapa keunggulan guna melawan Avanza dan yang lainnya. Keunggulan pertama yang dimiliki Xpander untuk melawan Avanza dan yang lain adalah dari sisi dimensi. Expander memiliki panjang 4.475 milimeter, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700  mm. Jika dilihat dari dimensinya, jelas ukuran mobil ini lebih lega dibandingkan dengan Toyota Avanza. Sekadar informasi, Avanza memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Perbedaan kedua ada pada jarak ke tanahnya. Jika Expander memiliki jarak ke tanah sebesar 205 mm, maka Avanza sedikit lebih rendah, yakni 200 mm.

Keunggulan Xpander selanjutnya terdapat pada dapur tenaga alias mesin yang mampu menghasilkan tenaga dan torsi cukup besar. Dibekali dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.500 cc Expander dapat menghembuskan tenaga hingga 120 daya kuda dengan torsi 145 Nm.

Adapun pada pesaingnya, khususnya untuk Avanza teranyar, mesin yang dipanggul hanya dapat menghasilkan tenaga hingga 102 daya kuda dengan torsi 136 Nm.

Last but not least, keunggulan Expander yang lain terletak pada fitur pengaman. Dilansir dari berbagai sumbner, Mitsubishi Indonesia menyisipkan fitur keyless operation pada Xpander, yang membuatnya memungkinkan pengemudi untuk membuka pintu dan menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander

Dimensi & Mesin

Dimensi body yang dimiliki Xpander dipastikan menjadi yang terluas dikelasnya, Expander mempunya ukuran panjang 4.475 milimeter, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700  mm. Diatas kertas, dengan dimensi tersebut, Xpander jelas dipastikan memiliki ukuran dan kapastias ruang yang lebih lega jika dikomparasikan dengan para pesaingnya, khususnya Toyota Avanza, dimana MPV yang saat ini masih merajai pasar Tanah Air ini memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Mesin

Mitsubishi memastikan untuk menggunakan mesin tipe 4A91 dengan kubikasi 1.500 cc pada mobil barunya ini. Mesin tersebut merupakan upgrade & development dari mesin yang menggerakan Mitsuboshi Colt. MMKSI menyatakan bahwa Xpander bakal dapat dipilih oleh konsumen dalam dua pilihan tranmisi yaitu manual dan otomatis.

Walaupun mempunyai opsi transmisi otomatis, namun Mitsubishi Xpander masih tetap memakai model transmisi empat percepatan konvensional. Adapun jika dibbandingkan dengan para pesaingnya ada yang telah beralih dan menggunakan system continuously variable transmission ( CVT) karena diklaim lebih modern.

Mengomentari hat tersebut, Departement Head Technical Service Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto, mengatakan bahwa Xpander dipastikan telah sangat cukup walau hanya dibekali dengan transmisi empat percepatan konvensional.

Boediarto berucap, “Alasannya memang cukup, kalau mau yang delapan kita ada di Pajero Sport yang lebih advance. Tapi gini, tidak semua konsumen juga suka dengan CVT, terutama saat mendengar raungan mesin ketika pedal gas di injak lebih dalam atau saat putaran tinggi”, begitu kilahnya.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander

Berikut harga resmi Xpander di Jakarta :

1 . Xpander Ultimate A/T Rp 245,350.00

  1. Xpander Sport A/T Rp 237.150.000
  2. Xpander Exceed A/T Rp 224,950.000
  3. Xpander Exceed M/T Rp 214,550.000
  4. Xpander GLS M/T Rp 208,550.000
  5. Xpander GLX M/T Rp 189.050.000

(Khusus untuk pilihan warna Quatz White Pearl harganya lebih mahal Rp 1.500.000.)

Video Mitsubishi Xpander

Sumber: Youtube.com

Kelemahan

Meski hadir dengan desain dan konsep yang baru, tapi bila diperhatikan terdapat sebuah kekurangan dari penampilan Mitsubishi Xpander. Terutama pada bagian kaca belakang dimana mobil ini belum dilengkapi dengan sistem defogger.

Defogger sendiri merupakan sistem yang memiliki fungsi menepis embun pada kaca belakang yang umumnya berbentuk garis-garis berwana cokelat. Melalui energi panas yang disalurkan pada garis, embun pada kaca pun bisa diatasi. Namun pihak Mitsubishi menyatakan bahwa fungsi deffoger pada MPV kebanggaannya tersebut telah tergantikan dengan wiper belakang.

Kesimpulan

Sebagai pendatang baru dalam segmen LMPV, Expander nampak lebih elegan dari model-model lain yang saat ini ditawarkan oleh para kompetitornya, bahkan jika dikomparasikan dengan pendatang baru seperti Wuling Confero S. Selain sisi desain eksterior, Xpander juga memiliki keunggulan-keunggulan lain yang terletak pada sisi desain interior serta pada bagian dapur pacu yang lebih bertenaga.

Namun demikian, apakah Xpander dengan segala keunggulan yang dimiliki bakal mampu bersaing dengan para poendahulunya yang ssat ini telah mantap menancapkan tajinya, hanya waktu yang dapat menjawab. Sebab, dengan banyaknya pemain dan dengan beragam keunggulan yang dimiliki pula, akan sangat sulit menebak kondisi pasar LMPV kedepannya. Salah satu factor yang akan sulit ditembus Xpander sepertinya pada factor layanan aftersales serta purnajual karena Avanza CS dipastikan telah jauh lebih siap.

Sementara jika ditengok dari sisi harga, Xpander yang akan dipasarkan pada kisaran angka Rp189 jutaan (termurah) hingga Rp246 jutaan (termahal) sepertinya cukup kompetitif berhadapan dengan yang lainnya.

Lihat Juga Harga Wuling Confero 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi dan Harga Honda Mobilio 2017, Promo Terbaru & Spesifikasi.

Promo Terbaru Mitsubishi Xpander