+62 819 3235 7980    [email protected]

Gandeng Komunitas, Adira Insurance Kembali Gelar Safety Campaign Award 2017

18/12/2017 admin 60 Views

OtoSales - Adira Insurance mengajak berbagai komunitas motor se-Jadetabek untuk peduli keselamatan di jalan melalui ajang penghargaan Safety Campaign Award (SCA) 2017. Penghargaan yang telah digelar keempat kalinya ini, diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para komunitas atau klub motor yang aktif dalam mengampanyekan pentingnya menjaga keselamatan jalan (road safety). Tahun ini, penghargaan SCA 2017 digelar pada 16 Desember 2017 bertempat di The Hook Restaurant.

SCA 2017 merupakan rangkaian dari program corporate social responsibility Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!. Kampanye ini digagas untuk mengajak masyarakat berperilaku aman dan selamat saat berada di jalan dengan tujuan menurunkan angka fatalitas kecelakaan di Indonesia.

Melalui ajang SCA ini, para bikers berkompetisi untuk membuat kegiatan kampanye keselamatan jalan yang edukatif, menarik, dan unik yang tetap mengacu pada prinsip road safety yang baik dan benar. Diharapkan, pesan dari kampanye tersebut, dapat tersebar luas dan memberikan efek berlipat ganda untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan dan berperilaku selamat saat berada di jalan.

Hananta Praditya, Direktur Adira Insurance, mengungkapkan, “SCA digelar sebagai bentuk apresiasi Adira Insurance terhadap para bikers yang tergabung dalam komunitas motor yang aktif mengampanyekan keselamatan di jalan guna menurunkan angka fatalitas kecelakaan. Lebih jauh dari itu, kami berharap SCA dapat menjadi  wadah bagi komunitas motor untuk mengembangkan komunitasnya secara mandiri dan terlatih untuk melakukan sosialisasi kampanye keselamatan yang berkelanjutan dan berdampak luas.”

Tercatat sebanyak 100 komunitas motor yang ikut serta dalam SCA 2017. Dari 100  peserta yang mendaftar, terpilih 10 komunitas atau klub motor yang menjadi finalis SCA 2017. Secara keseluruhan, kualitas para peserta khususnya TOP 10 SCA mengalami peningkatkan baik secara penilaian atribut maupun total indeks penilaian. Para komunitas atau klub motor tersebut telah mengikuti berbagai tahapan seleksi.

Tahapan seleksi pertama adalah Tahap Proposal dimana komunitas atau klub motor harus membuat proposal suatu kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan di jalan (road safety). Dari tahap proposal ini, telah terpilih 10 komunitas atau klub motor yang akan memasuki Tahap Implementasi. Dari proposal yang telah diajukan, komunitas atau klub motor tersebut harus mengimplementasikan kegiatannya yang telah dibuat atau direncanakan dalam proposal tersebut, dengan didampingi mentor SCA yang terdiri dari para penggiat road safety.

Tahap terakhir dalam seleksi ini adalah Tahap Presentasi dimana komunitas atau klub motor akan mempresentasikan kegiatan yang telah diimplementasikan di hadapan para dewan juri pakar road safety. Adapun kriteria yang dinilai para dewan juri yaitu public exposure, manfaat dan keterlibatan pihak lain (multiplier effect), dampak yang dihasilkan (impact), konsep kegiatan, serta inovasi dan keunikan kampanye.

Dari hasil presentasi yang ada, terpilih pemenang ajang SCA 2017 yang terdiri dari:

  • Juara 1                                                                  : Nmax Riders Bekasi
  • Juara 2                                                                  : Skill’s Jakarta
  • Juara 3                                                                  : Tiger Riders Club Indonesia

Penghargaan Khusus

  • Juara Best Innovation Campaign                              : SSFC Depok

SCA 2017 melakukan berbagai pengembangan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program. Salah satunya adalah melibatkan para pemenang SCA 2016 untuk menjadi mentor bagi finalis SCA 2017. Mentor bertugas untuk mendampingi para finalis dari mulai tahap persiapan proposal hingga tahap implementasi. Keterlibatan para pemenang SCA 2016 ini diharapkan mampu mendorong regenerasi dari komunitasnya serta meningkatkan kemampuan mentor secara individu khuhusnya untuk menjadi coach diluar komunitasnya.

Harapannya finalis SCA mampu menjadi role model bagi berbagai komunitas atau klub motor yang tersebar di seluruh Indonesia untuk terus menyebarluaskan kampanye keselamatan jalan sehingga mampu terwujud zero accident di Indonesia,” tutup Hananta.